Saturday, March 10, 2012

Posisi-posisi Pemain Basket

sebelum bermain basket, sebaiknya kita mengetahui dimana posisi yang tepat yang harus kita tempati.. penentuan posisi basket di pilih berdasarkan postur tubuh dan kemampuan yang di miliki...

1. Point Guard (PG): Point guard adalah pemimpin penyerangan yang biasanya memiliki umpan (passing) dan dribble. Tugasnya adalah membawa bola dan memberikan passing pada rekan di dalam timnya. PG yang mengatur irama permainan timnya, bertahan ataupun menyerang. pemain yang mengisi posisi ini biasanya memiliki postur yang lebih kecil dari pemain yang lain, karena harus memiliki kecepatan yang lebih baik.

 2. Shooting Guard (SG): shooting guard umumnya di isi oleh pemain dengan kemampuan bertahan dan mencuri bola yang baik, dalam posisi menyerang SG memiliki peran penting untuk urusan mencetak point dan juga sebagai pemegang bola kedua. Posisi ini juga harus di isi oleh pemain dengan akurasi tembakan 3 angka yang baik.


3. Small Forward (SF): pemain yang mengisi posisi ini adalah pemain yang lebih agresif dari pemain lainnya dalam melakukan serangan , juga harus memiliki konsistensi akurasi tembakan dari luar area bebas. Tugasnya adalah antara lain lay up, 3 point,dan juga slamdunk menawan.



4. Power Forward (PF): Power forward biasanya juga ditempati oleh pemain bertubuh tinggi karena bertugas sebagai penangkap bola pantul yang gagal masuk ke dalam ring (rebound), terutama saat bertahan. Dalam posisi menyerang, seorang PF diharapkan menangkap bola rebound dan segera menembakkannya kembali ke dalam ring.


5. Center (C): Di isi oleh pemain dengan postur paling tinggi dan besar. pada saat menyerang Center bertugas untuk menerima passing dan memasukkan bola ke ring dari jarak dekat (lebih sering slamdunk). Dan pada saat bertahan pemain ini adalah pertahanan terakhir dalam sebuah tim.

itulah macam-macam posisi dalam bermain basket, tentukanlah posisi berdasarkan karakter permainan kamu, buatlah dirimu nyaman bermain dalam posisi yang cocok.....

What's your position??

1 comment:

  1. Ini kayaknya jaman si Curry masih cupu, tapi dari dulu smpe skrg posisi pemain basket emang gak pernah berubah, ada variasi dikit kaya si Draymond yg bisa cover banyak posisi

    ReplyDelete