Sunday, March 18, 2012

How to Jump Shoot


Jump shoot yang kuat, terlebih dahulu kita harus melakukan latihan skiping. Ini untuk memperkuat vertikal jump kita. Untuk masalah lompat ada banyak cara seperti skiping dan latihan foot work.
beberapa jenis latihan footwork :
  1. Trot. Lari kecil dari base line ke base line dan kembali, lakukan paling sedikit tiga putaran.
  2. Sprint. Lari setengah lapangan, ubah kecepatan seperti pada lari kecil dan dilanjutkan kembali ke base line yang berlawanan. Kembali dengan cara yang sama. 
  3. Change of Pace. Lari dari base line ke base line dengan paling tidak tiga kali perubahan kecepatan dari sprint – lari kecil – sprint. Kembali dengan cara yang sama. 
  4. Change of Direction. Lari dari base line ke base line dengan mengubah arah. Mulai dari posisi menyerang dengan kaki kiri menyentuh titik temu antara base line dan lane line di sisi kiri. Larilah secara diagonal pada sudut 45 derajat terhadap lane line di sisi kanan. Buat sudut 90 derajat perubahan arah dari kanan ke kiri, dan lari diagonal ke lane line semu di sebelah kiri. Buat perubahan arah 90 derajat dari kiri ke kanan. Lanjutkan dengan mengubah arah pada tiap lane line semu sewaktu melanjutkan ke base line yang berlawanan. Kembali dengan cara yang sama. 
  5. One–Two Stops. Lari ke arah berlawanan dari base line membuat empat kali one–two stops ketika mulai. Bergantilah kaki yang dipakai mendarat pertama kali pada setiap one–two stops. Mendarat dengan kaki kiri pada perhentian yang pertama, lalu dengan kaki kanan pada perhentian berikutnya. Kembali dengan cara yang sama.
setelah mempunyai jump yang kuat coba latihan menembak tanpa melakukan awalan dribel bola(langsung jump shoot di tempat.lakukan pada 1 tempat terlebih dahulu,biasanya pada sudut 90 derajat karena relatif mudah untuk melatih kebiasaan shoot terhadap ring. saat melakukan jump shoot bola jangan dari bawah depan namun usahakan selalu diatas kepala.pada saat permainan setelah dribel ambil bola dari samping (bukan tengah) diangkat keatas kepala dan lakukan jump shoot.ini untuk menghindari steal.

sumber : Yahoo Answer
              zank-yadonk.blogspot.com
              http://www.youth-basketball-tips.com

No comments:

Post a Comment