Thursday, March 8, 2012

Latihan untuk Lompatan Tinggi

Salah satu kelebihan para pemain basket adalah lompatan yang tinggi dan keseimbangan tubuh yang bagus.. seluruh pemain basket apalagi bagi pemula tentunya sangat ingin memiliki lompatan yang tinggi seperti Michael Jordan yang mampu melayang di udara seperti sedang terbang dan nate robinson, pemain yang satu ini di segani oleh para pemain NBA karena memiliki lompatan yang sangat tinggi.. hanya dengan tinggi 175cm dia dapat melakukan slamdunk yang memukau para penggemar basket, bahkan ia juga berhasil menjuarai Kontes Slamdunk 2010 pada NBA Allstar... apakah kalian ingin memiliki lompatan yang tinggi seperti mereka??



plyometrics adalah salah satu cara ampuh untuk hal tersebut...
Plyometrics adalah suatu jenis fitnes yang menggunakan gerakan-gerakan eksplosif untuk mengembangkan kekuatan otot, yaitu kemampuan otot untuk menghasilkan sejumlah gaya yang besar secara cepat.
Berikut adalah jenis- jenis latihan Plyometric:
  •     Bounding (memantulkan diri)
    Lompat ke depan dan belakang dengan kedua kaki dari posisi berdiri secara berulang – ulang. Lakukan secepat mungkin dan cobalah untukmeraih dua poin penting yaitu tingginya lompatan dan jauhnya lompatan.
  •     Lateral Cone Hop (lompat Corong)
    Lompat melewati corong atau benda sejenisnya, biasanya untuk rambu jalan dan latihan fisik, lakukan menyamping dari kanan ke kiri dan sebaliknya. Percepat gerakan lompat dan tahan selama mungkin di udara.
  •     Box Jump ( lompat Balok)
    Lompatlah dari tangga atau balok dengan tinggi sekitar 70 cm, lakukan lompatan spontan setinggi mungkin. Hati – hati dengan pendaratan, lakukan seaman mungkin.
  •     Skipping ( Lompat Tali)
    Lakukan skipping, kali ini dengan cara yang berbeda yaitu dengan mengangkat lutut setinggi mungkin saat melompat dan mengambil arah maju, alias bergerak ke depan.
  •     Squat Lunges
    Latihan untuk memperkuat otot kaki dengan cara berikut, untuk pemula tanpa membawa beban,untuk latihan selanjutnya disertai beban, tujuan akhirnya seberat ½ berat tubuh sendiri. Posisi berdiri, melangkahkan kaki ke depan selebar mungkin, tekuk lutut hingga membentuk sudut 90 derajat.
  •     Step –Up ( Lompat ke atas)
    Latihan melompat bergantian kaki kiri dan kanan secara cepat ke atas balok dengan ketinggian sekitar 12 inch. Untuk pemula tanpa beban, tujuan akhirnya mampu melakukan latihan ini dengan membawa beban seberat ½ berat tubuh.
  •     Rim Jumps (Lompat ke Ring)
    Lompat setinggi – tingginya menggapai ring basket atau target lainya. Lompat mundur secepat mungkin saat mendarat.

Bagi Anda yang tertarik untuk melakukan latihan ini, ada beberapa hal penting yang perlu Anda ketahui. Latihan ini memiliki tingkat risiko cedera yang cukup tinggi karena besarnya tenaga yang digunakan selama latihan. Untuk itu, latihan ini sebaiknya hanya dilakukan oleh mereka yang bugar (memiliki kekuatan tubuh, keseimbangan, koordinasi, dan kelenturan tubuh yang baik) dengan petunjuk dari instruktur yang ahli.
Bagi mereka yang berumur di bawah 13 tahun atau mereka yang hanya dapat melakukan squat kurang dari 1.5 kali dari berat badannya, sebaiknya memilih latihan plyometrics dengan intensitas ringan. Begitu juga dengan mereka yang memiliki berat badan di atas 240 pound. Selain itu, latihan ini tidak boleh dilakukan di atas permukaan yang keras, seperti semen. Sebaiknya latihan ini dilakukan di atas karpet, matras, atau rumput.

latihanlah secara rutin maka hasil latihan tersebut akan kamu rasakan saat bermain basket... dan kamu juga akan merasakan sensasi melayang di udara :D
"tetap berhati-hati agar tidak cedera dalam melakukan latihan ini"!!

sumber : tdwclub.com

3 comments: